Jumat, 21 Oktober 2016

Tips Mendapatkan Tidur yang Sehat

Setiap orang, karena sebab dan alasan tertentu, pasti pernah mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan beberapa tips sederhana berikut anda bisa mendapatkan tidur yang lebih baik daripada malam-malam sebelumnya.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu blogspot resmi kami milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar tips mendapatkan tidur yang sehat.

Tips mendapatkan tidur yang sehat | Banyak orang menggolongkan dirinya sebagai orang yang suka bangun pagi atau yang suka ngalong. Namun meskipun kebiasaan bangun pagi maupun begadang sudah jadi bagian kebiasaan hidup, mereka sulit menentukan waktu tidur yang baik bagi tubuhnya. Kita semua sebagai manusia membutuhkan tidur di samping kebutuhan lainnya seperti makanan, minuman, dan oksigen, supaya bisa terus hidup. Tidur adalah petunjuk vital atas kondisi kesehatan Anda. Manusia menghabiskan sekitar 1/3 waktu hidupnya untuk tidur.

Kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa mendapatkan tidur malam yang cukup itu penting, tetapi tidak banyak yang mengupayakan tidur kurang-lebih 8 jam semalam. Bagi banyak orang yang punya utang tidur, mereka sudah lupa bagaimana rasanya benar-benar segar karena cukup tidur.

Lalu berapa jam-kah tidur yang sehat itu ? 

Tidur yang sehat, berapa jam sehari? Tidur merupakan aktivitas alamiah setiap individu. Hampir sepertiga hidup kita, kita habiskan untuk tidur. Dahulu, tidur dianggap sebagai waktu tubuh untuk beristirahat setelah lelah bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan membuktikan bahwa tidur tidak lagi hanyalah sesuatu untuk mengisi waktu saat seseorang dalam kondisi tidak aktif. Bahkan, tidur sendiri melibatkan banyak sekali aktivitas dan ternyata memiliki banyak pengaruh pada kesehatan.

Berbagai penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh tidur pada tubuh menemukan bahwa tidur berhubungan antara lain dengan peningkatan dan penurunan berat badan, hingga risiko kematian di masa yang akan datang.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Wincosin, Amerika Serikat menemukan bahwa lamanya (durasi) tidur seseorang dapat berpengaruh pada  Indeks Massa Tubuh (IMT). Penelitian dilakukan pada 1.024 sukarelawan berusia 30-60 tahun. Pada penelitian ini, kebiasaan tidur yang kurang dari 7,7 jam berkaitan dengan peningkatan BMI, baik pada anak, remaja, maupun orang dewasa. Mengapa hal ini dapat terjadi? Ternyata, setelah memeriksa kadar hormon-hormon pada sampel penelitian, didapatkan bahwa tidur berkaitan dengan perubahan kadar hormon yang disebut dengan leptin dan ghrelin.

Leptin adalah sebuah hormon yang berasal dari sel lemak yang bersifat mengurangi nafsu makan. Sedangkan Ghrelin merupakan peptida yang berasal dari lambung yang justru meningkatkan nafsu makan. Penurunan waktu tidur dari 8 jam menjadi 5 jam pada rata-rata waktu malam hari diprediksi penurunan kadar leptin sebesar 15,5% dan peningkatan kadar ghrelin sebanyak 14,9%. Apabila terjadi kekurangan kadar leptin dan tingginya kadar ghrelin, maka nafsu makan akan meningkat dan dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas merupakan risiko yang tinggi untuk terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah yang pada akhirnya meningkatkan risiko kematian.

Penelitian tentang lamanya tidur ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh Kripke, dkk di California, Amerika Serikat yang mendapatkan bahwa risiko kematian meningkat pada waktu tidur 8 jam atau lebih, atau tidur kurang dari 7 jam. Penelitian yang melibatkan lebih dari 1 juta individu ini menemukan bahwa tidur selama 8, 9, 10 atau lebih jam dapat meningkatkan risiko untuk meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah pada baik wanita dan pria. Penggunaan pil tidur yang sering untuk mengontrol insomnia juga berkaitan dengan peningkatan risiko kematian. Nah, lalu berapa lama waktu terbaik untuk tidur? Pada penelitian ini angka kematian terendah didapatkan pada wanita dan pria yang mempunyai durasi tidur 7 jam, atau lebih tepatnya antara 6,5-7,4 jam per malam. Dikutip dari www.klikdokter.com

Berikut Inilah Berbagai Tips Mendapatkan Tidur yang Sehat


  • Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari

Kebiasaan bisa diciptakan, termasuk jam tidur. Tentukan ritme waktu tidur anda dan konsistenlah dengan waktu tersebut. Setelah beberapa waktu mengikuti pola tersebut, tubuh akan memiliki semacam ‘waktu natural’ dan sangat membantu dalam mengelola tidur.
Gunakan kamar tidur untuk tidur, bukan sebagai ruangan serba-guna

Kualitas tidur mempengaruhi kesehatan. [David Castillo/freedigitalphotos.net]
Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk menggunakan kamar tidur sebagai ruangan serbaguna, seperti untuk menonton tv, bekerja, dsb. Berbagai alat elektronik seperti televisi, komputer, atau gadget bisa memberikan signal kepada otak agar ‘tidak tidur’. Jangan tempatkan barang-barang tersebut di dalam kamar tidur, dan gunakanlah sebelum waktu tidur anda. Lebih jauh lagi, jangan jadikan kamar tidur sebagai tempat kerja, karena seperti alasan tadi di atas, dan dapat mengganggu tidur anda.
  • Pastikan kamar tidur anda tenang, gelap, sejuk dan nyaman

Tempat yang sejuk lebih memungkinkan anda cepat tertidur. Juga, mengurangi akses terhadap cahaya dan suara berarti mengurangi pengganggu tidur. Dengan kondisi tersebut, kamar tidur menjadi tempat nyama dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga menjadikan tidur lebih berkualitas.
Hindari alkohol, kafein dan nikotin sebelum tidur

Kopi, teh, coklat dan minuman soda dapat menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Itu karena minuman/makanan tersebut mengandung kafein. Sebaiknya jangan mengkonsumsinya sekitar 4-6 jam sebelum waktu tidur anda. Begitu pula dengan nikotin dan alkohol.

Baca juga artikel menarik lainnya | Pola Makan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Terus kunjungi situs http://obatherbalinsomniaterbaik.blogspot.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Tips Mendapatkan Tidur yang Sehat

1 komentar:

  1. Buat para pemain poker sekarang ada games baru loh di situs web kita yukk hanya di JAGODOMINO,,,mari silahkan dicoba dan daftar kan diri anda sekarang juga permainan yang menarik dan memiliki sensasi tersendiri
    permainan terfavorite diseluruh dunia tentu semuanya pada uda tau donk gak ada salahnya dicoba lohhh
    untuk pendaftaran bisa dibantu oleh CS kami yang ramah dan yang berpengalaman.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus